Tugas UAS rekayasa perangkat lunak

Dewi Hardiati
161011700023
reguler B
SISTEM INFORMASI






BAB I

PENDAHULUAN


1.1.      Latar Belakang Masalah

Kemajuan teknologi menuntut sagala sesuatu pekerjaan manusia yang masih manual dan kurang efisien dapat dilakukan dengan teknologi yang maju pula. Pekerjaan yang dilakukan secara manual sebaiknya lebih ditingkatkan lagi menggunakan sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi tersebut dapat membantu mempercepat menyelesaikan pekerjaan yang semula masih dilakukan secara manual. Sistem manual dapat dicontohkan pada toko. Toko yang masih menggunakan sistem manual kurang efektif dalam proses kerjanya.

Toko Nadeha adalah toko yang menjual bermacam-macam kebutuhan electronic, Nadeha merupakan salah satu toko yang proses jual belinya masih menggunakan sistem manual. Pada proses penjualan barang biasanya masih ditulis pada buku penjualan atau nota saja. Pada proses mengetahui stok barang yang ada digudang juga harus mengecek satu-satu. Oleh karena itu perlu dibuat sistem informasi untuk Toko Nadeha.

Sistem dibuat agar dapat membantu mempercepat proses penyelesaian pekerjaan. Pada proses penjualan, pembuatan nota sudah otomatis, sehingga tidak perlu ditulis pada buku. Pengecekan stok barang dapat diketahui dengan cepat tanpa harus mengecek satu per satu. Dengan demikian sistem dapat meningkatkan kinerja toko Nadeha.


1.2.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas maka dapat dirumuskan:

Bagaimana membuat sistem informasi penjualan di Toko Nadeha?


1.3.      Batasan Masalah

Sistem informasi penjualan barang di Toko Nadeha, dibatasi pada satu gudang serta untuk beberapa proses yang meliputi penjualan, stock barang, pembelian, dan pelaporan.

1.4.      Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian Tugas Praskripsi ini adalah:

Membuat sistem informasi penjualan barang di Toko Nadeha.


1.5.      Manfaat Penulisan

Manfaat dari penyusunan tugas Praskripsi adalah sebagai berikut:

1.   Bagi Penulis

Sebagai penerapan dari teori dan praktikum mata kuliah yang telah dipelajari selama mengikuti pendidikan di Fakultas Sistem Informasi dengan membuat sistem informasi penjualan barang.

2.   Bagi Instansi

Sistem informasi penjualan barang ini diharapkan mempermudah proses pelaporan stock barang (inventori) serta mempermudah pembuatan laporan penjualan, serta dapat mengubah sistem manual menjadi komputerisasi.


1.6.     Metodologi Penelitian

Toko Nadeha yang menjual segala kebutuhan sehari-hari.


BAB II
LANDASAN TEORI

Software Penjualan Toko untuk menajemen stok barang yang ada di toko menjadi lebih mudah, lebih akurat, lebih stabil, dan mudah dioperasikan walaupun untuk yang belum mengerti komputer.

Software ini mendukung laporan penjualan dan pembelian, sehingga pembelian atau penjualan barang dapat dengan mudah termonitor.
Dengan software  penjualan toko ini, stok barang dagangan dapat diketahui dengan cepat, termasuk laba per transaksi penjualan ataupun laba penjualan selama periode satu bulan yang dapat dicetak printer ataupun cukup dilihat di layar komputer.


Tujuan Software Penjualan Toko adalah :

Mengetahui secara pasti jumlah stok barang dagangan dalam bentuk kuantitas dan nominal rupiah. Stok barang dagangan selalu terupdate secara otomatis saat terjadi transaksi pembelian dan penjualan.

Mengontrol stok barang yang sudah saatnya dibeli.
Mengetahui pembelian dan penjualan barang selama periode tertentu.
Mencetak nota penjualan.
Mengetahui laba per transaksi penjualan.
Mengetahui laba selama satu bulan.


BAB III
OBJEK PENELITIAN

3.1 Gambaran umum

Toko nadeha menjuaj jenis jenis barang electronic, mulai dari computer, Handphone dan Kamera
toko nadeha berawal dari toko biasa yang masih bertransaksi secara manual dan mengecek barang secara manual

3.2 Kondisi saat ini

Analisis sistem yang sedang berjalan didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan yang terjadi. Adapun kondisi saat ini masih bekerja secara manual ketika ingin menyimpan data transaksi

3.3 Permasalahan yang di hadapi

Sering terjadinya kekeliruan disaat transaksi karena trasaksi masih menggunakan secara manual dan sering terjadinya data hilang karena masih menggunakan kertas

3.4 Usulan perbaikan

Usulan yang saya akan sampaikan adalah memanfaatkan aplikasi ini karena aplikasi ini dibuat khusus untuk menangani masalah tersebut sehingga meyimpan data transaksi lebih mudah dilakukan secara efektif dan juga efisien.

BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Koridor Umun
Dalam perancangan aplikasi penjualan took nadeh, terdapat beberapa perangkat lunak digunakan penulis guna mendukung proses perancangan aplikasi yaitu
Perangkat lunak yang dibutuhkan dalam pembuatan sistem informasi penjualan adalah:
1.      Database
2.      Aplikasi Visual Studio

4.2 Implementasi Penelitian



4.3 Implementasi Penelitian

Implementasi dari aplikasi ini adalah Admin akan menginput data transaksi dan data tersebut akan otomatis tersimpan di database.





BAB V

5.1 Kesimpulan

Telah dibuat sistem informasi penjualan barang nadeha. Sistem informasi penjualan barang mempunyai fasiltransaksi penjualan dan laporan. Sehingga sistem dapat membantu proses penjualan barang toko Nadeha Pembuatan sistem informasi penjualan barang ini menggunakan software visual studio menggunakan database

5.2 Saran
Mengingat pembuatan sistem informasi penjualan barang masih memiliki kelemahan, yaitu aplikasi terkadang down ketika terlalu sering di gunakan, di harapkan aplikasi tersebut dapat mengembangan aplikasi tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Aplikasi Penjualan

Aplikasi Produk terhubung Word dan Excel

Hai Nama Saya Dewi Hardiati, saya fakultas Sistem Informasi di STMIK Eresha dengan Nim 161011700023, Kali ini saya membuat konsep aplikasi Kasir guna untuk membantu menyimpan data data transaksi, Semoga Bermanfaat :-)